| |

Persari

“Salam Pramuka” pekik pemimpin upacara dengan suara lantang yang dibalas “Salam” oleh seluruh peserta upacara, kemudian terdengar tepuk pramuka yang disertai dengan teriakan “pramuka, pramuka, praja muda karana”. Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan di Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional, bertujuan untuk membina kaum muda dalam membentuk moral, sosial, intelektual dan fisik, agar mereka dapat:

  • membentuk, kepribadian dan moral yang mulia
  • menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan membela negara bagi kaum muda.
  • meningkatkan keterampilan sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan.
 

Selasa, 11 Juni 2019 siswa – siswi kelas 4 dan 5 SD Kristen Petra 1 menyelenggarakan Perkemahan Satu Hari ( Persari ). Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh: Ibu Anna Amarawati Lomantoro,S.Pd. selaku kepala sekolah SD Kristen Petra 1.

Setelah upacara pembukaan, peserta mengikuti kegiatan yang dipimpin oleh kakak – kakak pembina, antara lain adalah : berlatih merayap dan halang rintang yang bertujuan untuk melihat ketangkasan, kecakapan, dan ketahanan fisik dari peserta. Permainan Helium stick yang bertujuan untuk  menyatukan persepsi dan tujuan dalam sebuah tim. Permainan Holahop yang bertujuan untuk melatih keseimbangan dan kelenturan anggota tubuh, tidak ketinggalan mereka juga diajarkan berbagai materi tentang kepramukaan antara lain janji Pramuka, Dwi Dharma, dan Dasa Dharma.

Tujuan diadakan kegiatan Persari adalah:

  1. Melatih sikap mandiri, terampil, dan kerja sama.
  2. Menggali potensi dalam kegiatan kreatif dan menyenangkan.
  3. Mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki siswa.
  4. Menumbuhkan semangat persaudaraan dan kemandirian.
  5. Membina semangat persatuan dan kesatuan sesama anggota Pramuka.
boost the values reap the success