| |

MPLS di Sekolahku

mpls_03.jpgmpls_08.jpgmpls_01.jpgmpls_10.jpgmpls_05.jpgmpls_04.jpgmpls_07.jpgmpls_09.jpgmpls_02.jpgmpls_06.jpg

“Haa,,,,haa,,,,haa,,,haa,,,,guruku lucu! “teriak Niko sambil tertawa terpingkal-pingkal ketika melihat penampilan Bapak dan Ibu guru sedang bermain peran sebagai murid-murid SD . Teman-teman, memangnya ada apa yaa,,,,? Koq, sepertinya ada yang berbeda? O, iya teman-teman ternyata  kegiatan  MPLS di SD Kristen Petra 1 sedang berlangsung. Apa dan bagaimana sih, kegiatan MPLS itu? Kita simak sama-sama yuk…..

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan untuk menyiapkan sikap dan mental siswa memasuki sekolah/kelas baru, mengenal situasi baru di sekolah/kelas baru, menyiapkan  diri untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan tata cara yang mungkin berbeda dengan di tempat belajar sebelumnya, mengenal aturan dan tata tertib, yang semuanya bertujuan agar siswa berhasil belajar di sekolah/kelas yang baru sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. MPLS ini dilaksanakan selama tiga hari di sekolah.

Beberapa kegiatan dilakukan selama pelaksanaan MPLS, antara lain: bermain peran oleh beberapa bapak/ibu guru, panggung boneka, dan beberapa permainan seru lainnya. Khusus siswa-siswi kelas 1 bersama guru kelasnya mereka dibimbing untuk mengenal fasilitas sekolah, yaitu ruang Kepala Sekolah, ruang guru, ruang UKS, ruang laboratorium, ruang auditorium, ruang perpustakaan, dan beberapa ruang lainnya. Tidak ketinggalan juga kantin sekolah, yaitu tempat di mana siswa dapat membeli makanan atau minuman apabila mereka tidak membawa bekal dari rumah.

Nah, teman-teman tentunya sudah tahu kan,, tentang apa dan bagaimana MPLS itu. Sebelum kita berpisah ada satu pesan dari ayat Alkitab, yaitu Amsal 19:20-21 yang berbunyi”Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan. Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhan-lah yang terlaksana.” Teman-teman sesuai dengan ayat ini yang perlu kita lakukan agar bisa berhasil di masa depan adalah belajarlah sebanyak-banyaknya. Belajar bukan hanya tentang akademik, tetapi belajar juga tentang kehidupan. Jangan merasa tahu segalanya. Jangan sombong karena itu akan menjatuhkan kita suatu saat nanti. Bersikaplah sesuai dengan karakter Kristiani, yaitu rendah hati, mengasihi,  dan jangan berhenti belajar, terus mengandalkan Tuhan Yesus dalam setiap langkah hidup kita. Amin.

boost the values reap the success