| |

Kibarmu Adalah Semangatku

“Ayo, Joe, kamu pasti bisa! Jojo, Jojo, Jojo!!” masih terngiang teriakan teman-teman Jojo memberikan semangat kepada Jojo supaya Jojo dapat menjadi pemenang ketika mengikuti lomba 17 Agustus tahun lalu. Tapi…sekarang kita  tidak lagi mendengar teriakan-teriakan yang penuh semangat itu, kenapa yaa? Apa dan bagaimana yang terjadi dengan kondisi saat ini, apakah masih ada perlombaan untuk 17 Agustusan di sekolah kita, yaa. Kita cari tahu, yuuuk, bagaimana pelaksanaan peringatan HUT ke-75  RI di SD Kristen Petra 1? Peringatan HUT ke-75  Republik Indonesia tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya setiap memperingati HUT RI di sekolah kita selalu mengadakan berbagai macam lomba dari lomba menghias kelas, membaca puisi, menyanyikan lagu kemerdekaan dan masih banyak bermacam-macam lomba yang diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 1-6 dan disaksikan secara langsung oleh teman-teman mereka dengan sorak-sorai, penuh canda dan tawa.

IMG-20200824-WA0061.jpgIMG-20200813-WA0028.jpgIMG-20200817-WA0025.jpgScreen_Shot_2020-08-24_at_10.10.48_AM_1.jpgScreen_Shot_2020-08-13_at_10.11.41_AM_1.jpgScreenshot_20200824-080611_Drive_2.jpgIMG-20200817-WA0055.jpgIMG-20200822-WA0122.jpgIMG-20200822-WA0124.jpg

Tahun ini pelaksanaan lomba maupun upacara peringatan HUT ke-75 RI sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, dilakukan secara virtual dikarenakan kondisi negara yang tengah menghadapi pandemi virus Covid-19.

Meskipun pelaksanaan lomba dan upacara HUT ke-75 RI dilakukan secara virtual atau dilakukan dari rumah masing-masing yang dipandu oleh guru kelasnya, tidak mematahkan semangat siswa-siswi SD Kristen Petra 1 untuk ikut berbagai macam lomba. Di bawah ini merupakan hasil lomba yang dicapai oleh siswa-siswi SD Kristen Petra 1:

Kelas Jenis Lomba Juara
IA Menyanyi lagu Hari Merdeka diiringi musik bersama orang tua atau saudara.

1. Xavierynn Christensen Tjia
2. Jeremiah Enrico  Bosco
3. Haysel Lionardo Tingkir

IB Menyanyi lagu Hari Merdeka diiringi musik bersama orang tua atau saudara.

1. Shira Lori Christabel
2. Gisselle Xavera Hermanto
3. Cevelle Averiela Sutanto

IIA Membuat dan menghias topi tema perjuangan bersama orang tua atau saudara.

1. Mark Sebastian Kurniawan
2. Lovely Miracle Prasedion
3. Angelita Putri Bernita

IIB Membuat dan menghias topi tema perjuangan bersama orang tua atau saudara.

1. Naomi Angelina Rusli
2. Putera Wong
3. Jordan Danendra Setiawan

III Membaca teks proklamasi.

1. Nicholas Juro Manuel
2. Evan Christopher Manuel
3. Felicia Putri Manuela

IV Membaca puisi tema perjuangan.

1. Gabriela Prasedion
2. Brandon Louis Sugiarto
3. Lionell Alexander Kurniawan

V Membuat komik perjuangan bersama orang tua atau saudara.

1. Michelle Patricia
2. Sharon Annabelle Tinata
3. Rhyne Nehemiah

VIA Membuat puisi perjuangan.

1. Yulisha1 Florence C.T.
2. Lucas Nathanael Njotosoesilo
3. James Gozalie

VIB Membuat puisi perjuangan.

1. Evelyn Limantoro
2. Wilson Christoper Chandra
3. Chacha Audria Wijaya

Tidak hanya lomba yang dilakukan secara virtual, upacara peringatan HUT ke-75 RI juga dilaksanakan secara virtual dari rumah masing-masing.

Pada hari Senin 17 Agustus 2020 pukul 10.00 dengan suara lantang komandan upacara memimpin penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih, “Kepada, Sang Saka Merah Putih, hormaaaaatt, graaak!”  secara serentak seluruh peserta upacara memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Acara tersebut ditayangkan secara langsung oleh Stasiun Televisi Republik Indonesia dari Istana Merdeka, Jakarta dengan inspektur upacara adalah Bapak Presiden Joko Widodo.

Jika tahun-tahun lalu dengan siswa kelas III-VI berbondong-bondong datang ke sekolah untuk mengikuti upacara bendera, namun kali ini kita mengikuti upacara dari tempat tinggalnya masing-masing yang dilakukan secara virtual. Hal ini tentunya karena dampak pandemi Covid’19 yang masih saja merebak di negara kita bahkan di lingkungan sekitar kita.

Meskipun dilakukan secara virtual, teman-teman kita melaksanakan upacara dengan penuh khidmat . Hal ini sebagai bentuk ungkapan kita sebagai generasi penerus bangsa yang cinta tanah air dan bertekad meneladani nilai-nilai kepahlawanan, semangat pengorbanan dan pantang menyerah dalam mencapai cita-cita untuk Indonesia maju.

“Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya untuk Indonesia Raya”, itulah kalimat penggalan lagu Indonesia Raya yang memotivasi kita agar membangun yang terbaik untuk negeri ini, bisa kita awali dengan memiliki rasa peduli  di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat sekitar kita , hingga untuk bangsa dan negara.

Berkibarlah di langit yang biru, Sang Saka Merah Putih-ku, karena kibarmu adalah semangatku. Merdeka! Merdeka! Merdeka!

boost the values reap the success