| |

TOGETHER WE CAN

Together We Can, adalah tema pendidikan karakter kristiani (PKK) bersama John Robert Powers (JRP) untuk siswa kelas 1, SD Kristen Petra 1. Kegiatan Together We Can kali ini, tidak seperti biasanya yang dilaksanakan di dalam kelas, melainkan dilaksanakan di luar kelas. Sesuai dengan tema, Together We Can sangat cocok sekali untuk melatih dan mendidik karakter siswa dalam permainan secara individu maupun kelompok. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk menjalin kerja sama dalam tim, melatih kemandirian, berani, disiplin, bertanggung jawab, peduli terhadap teman dan orang lain. 

Sebelum memulai game, pada tanggal 12 Maret 2016, seluruh siswa diberi arahan bagaimana tata cara atau aturan dalam mengikuti permainan kelompok. Selanjutnya siswa, secara berkelompok dipersilahkan menuju lapangan yang sudah dipersiapkan oleh tim JRP. Dalam permainan tersebut, terdapat 3 pos yang terdiri dari: pos 1 permainan tebak gaya, pos 2 panjang lintasan, dan pos 3 menyeberang pulau. Setelah berada di lapangan, siswa berbaris membentuk kelompok yang sudah dipersiapkan. Masing-masing kelompok terdiri dari 7-8 siswa. Di pos 1 (tebak gaya), banyak siswa yang menemui kesulitan karena setiap siswa harus menirukan gaya yang sama dari teman yang di depannya, selanjutnya diikuti oleh teman yang lainnya sampai yang paling belakang. Tidak kalah serunya di pos 2, yaitu: permainan panjang lintasan, di mana setiap kelompok diperintahkan untuk menyambung tali rafia yang sudah dipotong sesuai ukuran. Saat menyambung tali rafia, banyak sekali siswa yang tidak bisa menyambung tali yang satu dengan yang lain. Setelah menyelesaikan pos 1 & 2, kelompok melanjutkan ke pos 3 yaitu: menyeberang pulau. Di pos 3 ini, dibutukan kerja sama tim atau kelompok, di mana Ms. Jesica dan Ms. Ria hanya menyediakan 2 koran sebagai alat untuk menyeberang pulau. Bagi kelompok yang berhasil menyelesaikan di tiap pos, akan mendapatkan 1 paket puzzle. Setelah menyelesaikan permainan di lapangan, siswa dipersilahkan kembali kekelas untuk menyusun puzzle, dan menentukan pemenang permainan.
Setiap pertandingan selalu ada yang menang dan kalah. Kalah bukan berarti gagal, tetapi kesuksesan yang tertunda. Karena itu, jangan menyerah. Together We Can.

together_we_can_2.jpgtogether_we_can_1.jpg

boost the values reap the success