| |

KELEMBUTAN

Siapakah di sini yang tidak mau merasakan kedamaian dan ketenangan dalam kehidupan sehari-hari? Tentu, semua orang ingin merasakannya. Namun, pada kenyataannya, kita sering mendapati banyak kekerasan yang terjadi di sekitar kita, misalnya mengejek teman, memaksa teman memberikan sesuatu, atau melakukan suatu hal untuk kita, atau dalam hal berbicara, kita membentak saudara, orang tua, atau pembantu kita. 

Bagaimana jika kita yang mendapatkan perlakuan yang mengandung kekerasan seperti itu? Tentu perasaan kita akan merasa tidak senang, takut, marah, sedih, minder, dan mungkin ingin menyendiri saja. Sikap kasar hanya akan membuat dampak yang negatif, misalnya dijauhi oleh orang lain. Namun, jika kita dapat bersikap lembut pada sesama, suasana lingkungan menjadi tenang dan damai karena dapat mendatangkan sukacita bagi diri sendiri dan orang lain. Kita akan merasa aman, nyaman, merasa dicintai, sukacita, dan damai. 

Tanggal 5 Maret 2015, kami, siswa-siswi SD Kristen Petra 1 mengikuti kegiatan pendidikan karakter kristiani dengan tema “Kelembutan”. Pada kegiatan kelas besar maupun kecil, kami belajar dari drama yang berjudul “Kelembutan Putri si Bawang Putih”. Drama tersebut berbeda dari kegiatan pendidikan karakter kritiani sebelumnya, karena dimainkan oleh bapak/ibu guru. Kita dapat belajar bahwa kelembutan dapat mengubah orang lain menjadi lebih baik. Sikap Putri, “si Bawang Putih” yang lembut kepada ibu tiri dan Merry, “si Bawang Merah”, dapat menyadarkan ibu tiri dan Merry sehingga mereka dapat menjadi orang yang lebih baik. Kelembutan tidak hanya menerima sikap kasar dari orang lain, melainkan berani melawan kekerasan dengan sopan. Putri “si Bawang Putih” tidak menerima begitu saja saat Merry “si Bawang Merah” bersikap dan berkata kasar kepadanya. Namun, Putri menolak Merry dengan cara yang sopan. Maka dari itu, marilah kita bersikap dan bertutur kata yang lembut kepada sesama kita. Selain itu, saat kita melihat ada teman kita yang bersikap kasar terhadap orang lain, ingatkanlah dengan sopan. Dengan mengingatkannya, kita juga sudah bersikap lembut, yaitu melawan kekerasan kepada sesama dengan cara yang benar dan baik.

 

kelembutan_2.jpgkelembutan_1.jpg

boost the values reap the success