| |

Dirgahayu Indonesiaku

 

“Tiga, dua, satu, ...” terdengar serentak hitungan mundur dari Ibu Kepala Sekolah diikuti oleh siswa-siswi SD Kristen Petra 1 yang disertai dengan flag off sebagai tanda kegiatan fun walk dimulai. Wah ...... nampaknya meriah banget yaa, teman-teman, kita ikuti rute fun walk-nya, yuuk....!

Start dari SD Kristen Petra 1 Jalan W.R. Supratman – Jalan Kartini – Jalan Teuku Umar – Jalan Imam Bonjol- finish di Jalan W.R. Supratman. Apa saja sih kegiatan yang dilakukan teman-teman kita? Check it out!

MPLS di Sekolahku

mpls_03.jpgmpls_08.jpgmpls_01.jpgmpls_10.jpgmpls_05.jpgmpls_04.jpgmpls_07.jpgmpls_09.jpgmpls_02.jpgmpls_06.jpg

“Haa,,,,haa,,,,haa,,,haa,,,,guruku lucu! “teriak Niko sambil tertawa terpingkal-pingkal ketika melihat penampilan Bapak dan Ibu guru sedang bermain peran sebagai murid-murid SD . Teman-teman, memangnya ada apa yaa,,,,? Koq, sepertinya ada yang berbeda? O, iya teman-teman ternyata  kegiatan  MPLS di SD Kristen Petra 1 sedang berlangsung. Apa dan bagaimana sih, kegiatan MPLS itu? Kita simak sama-sama yuk…..

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan untuk menyiapkan sikap dan mental siswa memasuki sekolah/kelas baru, mengenal situasi baru di sekolah/kelas baru, menyiapkan  diri untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan tata cara yang mungkin berbeda dengan di tempat belajar sebelumnya, mengenal aturan dan tata tertib, yang semuanya bertujuan agar siswa berhasil belajar di sekolah/kelas yang baru sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. MPLS ini dilaksanakan selama tiga hari di sekolah.

Persari

“Salam Pramuka” pekik pemimpin upacara dengan suara lantang yang dibalas “Salam” oleh seluruh peserta upacara, kemudian terdengar tepuk pramuka yang disertai dengan teriakan “pramuka, pramuka, praja muda karana”. Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan di Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional, bertujuan untuk membina kaum muda dalam membentuk moral, sosial, intelektual dan fisik, agar mereka dapat:

  • membentuk, kepribadian dan moral yang mulia
  • menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan membela negara bagi kaum muda.
  • meningkatkan keterampilan sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan.
 

Kunjungan ke Panti Asuhan Bhakti Luhur

20190401 101928

Kita sering berbicara kasih dan menempelkan atribut kasih di tempat-tempat tertentu, tetapi pada kenyataannya terkadang kasih itu hanya masih sebatas ucapan dan slogan saja. Kasih sama artinya dengan membuka diri terhadap perhatian dan kepedulian yang mendalam, membuka ketertutupan nurani dan mencelikkan mata untuk melihat, merasakan, dan mengulurkan tangan untuk menolong. Tuhan ingin kita menjadi pengharapan dan saluran berkat bagi mereka yang membutuhkan, seperti yang tertulis dalam Kitab Yakobus 1:27, “Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.” Pada momen Paskah yang istimewa ini, kami, keluarga besar SD Kristen Petra 1, mempunyai satu kerinduan untuk dapat berbagi kasih dengan sesama yang membutuhkan dan kekurangan.

IMG 20190408 WA0085

Hari Senin, tanggal 1 April 2019, beberapa guru dan perwakilan dari siswa kelas III–VI melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Bhakti Luhur di daerah Tropodo, Sidoarjo. Dalam kesempatan ini, kami tidak sekadar menyerahkan bantuan dalam bentuk materi, tetapi juga membaur dan bersama-sama mempersembahkan lagu pujian “Dalam Yesus Kita Bersaudara” dan “Hari Ini Kurasa Bahagia”. Tujuan utama dari kegiatan kunjungan ini adalah untuk menumbuhkan rasa empati dan cinta kasih siswa terhadap sesama, mewujudkan kepedulian terhadap mereka yang kekurangan, berbagi kasih lewat berkat yang telah diterima dari Tuhan, serta sebagai wujud ucapan syukur kepada Tuhan.

IMG 20190408 WA0088

Harapan kami, kegiatan ini mampu memberikan dan menciptakan suatu keharmonisan dalam kehidupan antarsesama. Terima kasih Tuhan untuk pengalaman kami berbagi kasih pada bulan Paskah ini. Tuhan Yesus memberkati.

IMG 20190408 WA0092

Let’s Make a Fun Gym as Our Habit

IMG 1499

Selamat pagiii…!!! Apakah kalian sudah siap untuk berolahraga? Sudah siap mengikuti fun gym?” sapa Ibu Tutik Hartiningsing (instruktur fun gym) dengan suara keras bersaing dengan suara musik yang energik di lapangan olahraga SD Kristen Petra 1. “Fun gym merupakan olahraga yang murah dan bermanfaat untuk menjaga kebugaran kita,” lanjut Ibu Tutik. Pada hari Jumat, tanggal 5 April 2019, seluruh siswa dan guru (secara bergantian) mengikuti kegiatan fun gym bersama instruktur.

boost the values reap the success