| |

Merry Christmas

Teman-teman tentunya kita semua mengetahui bahwa bulan Desember merupakan bulan dipenghujung tahun sebelum kita menyambut datangnya tahun yang baru. Bulan Desember memberi arti tersendiri bagi umat Kristiani, karena dalam bulan Desember umat Kristiani merayakan kelahiran Tuhan Yesus Sang Juruselamat. Banyak kegiatan yang dilakukan untuk menyambut kelahiran Tuhan Yesus Kristus, diantaranya: menghias kelas dengan pernak–pernik natal, memasang pohon natal dengan lampu hias, serta mengikuti kebaktian dan perayaan natal sebagai wujud persembahan sederhana untuk Tuhan Yesus, Sang Bayi Mungil dihari kelahiran-Nya. Itulah sebagian kegiatan yang dilakukan oleh siswa kelas I-VI SD Kristen Petra 1.

IMG_6618.jpgIMG_6584.jpgIMG_6547.jpgIMG_6613.jpgIMG_6623.jpgIMG_6541.jpgIMG_6531.jpg
 

Kebaktian dan perayaan Natal siswa-siswi SD Kristen Petra 1 dilaksanakan pada hari Rabu,11 Desember 2019 dengan tema ”SANG TUNAS, PEMBAWA HARAPAN”. Kebaktian  Natal  dilayani oleh Ev. Danny Nobret, S.Th. dengan penuh khidmat dan sukacita.

Meskipun perayaan Natal dilaksanakan dengan sederhana, tetapi memberi kesan tersendiri bagi kami, bahwa Natal adalah hari yang sangat menyenangkan untuk memuliakan hati Tuhan dan mempersembahkan yang terbaik. Natal adalah hari yang penuh damai dan dinantikan oleh banyak orang. Tuhan Yesus telah mempersembahkan diri-Nya untuk kita, manusia. Tuhan sudah memberikan cahaya-Nya untuk menerangi hidup kita.

Sudahkah kita menjadi persembahan yang hidup untuk Tuhan? Sudahkah terang yang kita miliki, kita sebarkan dan menerangi orang lain? Semoga Natal ditahun 2019 ini membawa berkat dan kasih karunia untuk kita semua dan bisa menjadi berkat, memancarkan kasih Tuhan kepada orang lain di sekitar kita. Tuhan Yesus, Sang Penerang memberkati kita semua. Amiiin.....

Semangatmu Adalah Semangatku, Pahlawan...

Hai, teman-teman ….. masih ingat dengan sebutan “Arek-arek Suroboyo?” Iya betul, sebutan itu ditujukan kepada pemuda-pemuda Surabaya yang pada saat itu sedang bertempur melawan serdadu NICA yang diboncengi oleh Belanda. Bung Tomo melalui pidatonya  membakar semangat arek-arek Suroboyo untuk bangkit dan tidak gentar menghadapi serangan penjajah. Dengan keyakinan yang tinggi dan semboyan “Merdeka atau Mati”, arek-arek Suroboyo pantang menyerah dan dengan gagah berani melawan pasukan Inggris di Surabaya, sehingga peristiwa itu abadi hingga saat ini dan dijadikan peringatan oleh seluruh bangsa Indonesia setiap tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Nah, sekarang kita simak yuuuk ……kegiatan-kegiatan yang dilakukan teman-teman kita dari SD Kristen Petra 1 dalam rangka memeringati Hari Pahlawan, kira-kira apa saja yaaa…. check it out! Jumat, 8 November 2019 setelah kegiatan Morning Devotion seluruh siswa-siswi mulai kelas I – VI berkumpul di halaman untuk berolahraga yaitu fun gym agar tubuh tetap sehat dan semangat, setelah itu siswa mengikuti lomba-lomba sesuai dengan kelas mereka, apa saja sih, lombanya? Kelas I–II lomba mewarnai dalam hal ini siswa-siswi dilatih untuk berkreasi  memadukan warna-warna dalam sebuah gambar, kelas III–IV lomba Fashion Show dengan tujuan melatih keberanian siswa-siswi untuk tampil di depan orang banyak, dan kelas V–VI lomba membuat komik dengan tujuan melatih kreatifitas menggambar dan mengembangkan daya imajinasi serta kemampuan untuk berkomunikasi.

Teman-teman, perayaan Hari Pahlawan diakhiri dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Seluruh siswa-siswi mulai kelas I–VI kerja bakti bersama membersihkan lingkungan sekolah. Dalam hal ini kita semua belajar untuk bisa bertanggung jawab. Mereka penuh semangat dan  sukacita mengikuti setiap kegiatan-kegiatan yang ada. Sebuah pernyataan mengatakan bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”, karena kita mengerti sudah saatnya kita mengingat, meneladani, menghargai, dan belajar tentang semangat pahlawan-pahlawan yang sudah gugur berjuang merebut kemerdekaan, menjadikan kita sebagai generasi muda Indonesia yang lebih semangat untuk meraih keberhasilan yang gilang gemilang.

Fun Gym

“Selamat pagiiiii…!!! Apakah kalian sudah siap untuk berolahraga? Sudah siap mengikuti fun gym?” sapa Ibu Tutik Hartiningsing (instruktur fun gym) dengan suara keras, bersaing dengan suara musik yang menghentak dan energik di lapangan olahraga SD Kristen Petra 1. “Fun gym merupakan olahraga yang murah dan bermanfaat untuk menjaga kebugaran kita,” lanjut Ibu Tutik. Pada hari Jumat, tanggal 25 Oktober 2019, seluruh siswa dan guru (secara bergantian) mengikuti kegiatan fun gym bersama instruktur. Dentuman musik yang keras dan energik menambah semangat peserta.

fun_gym_03.jpgfun_gym_01.jpgfun_gym_02.jpgfun_gym_06.jpgfun_gym_04.jpgfun_gym_05.jpg
 

Dirgahayu Indonesiaku

 

“Tiga, dua, satu, ...” terdengar serentak hitungan mundur dari Ibu Kepala Sekolah diikuti oleh siswa-siswi SD Kristen Petra 1 yang disertai dengan flag off sebagai tanda kegiatan fun walk dimulai. Wah ...... nampaknya meriah banget yaa, teman-teman, kita ikuti rute fun walk-nya, yuuk....!

Start dari SD Kristen Petra 1 Jalan W.R. Supratman – Jalan Kartini – Jalan Teuku Umar – Jalan Imam Bonjol- finish di Jalan W.R. Supratman. Apa saja sih kegiatan yang dilakukan teman-teman kita? Check it out!

MPLS di Sekolahku

mpls_03.jpgmpls_08.jpgmpls_01.jpgmpls_10.jpgmpls_05.jpgmpls_04.jpgmpls_07.jpgmpls_09.jpgmpls_02.jpgmpls_06.jpg

“Haa,,,,haa,,,,haa,,,haa,,,,guruku lucu! “teriak Niko sambil tertawa terpingkal-pingkal ketika melihat penampilan Bapak dan Ibu guru sedang bermain peran sebagai murid-murid SD . Teman-teman, memangnya ada apa yaa,,,,? Koq, sepertinya ada yang berbeda? O, iya teman-teman ternyata  kegiatan  MPLS di SD Kristen Petra 1 sedang berlangsung. Apa dan bagaimana sih, kegiatan MPLS itu? Kita simak sama-sama yuk…..

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan untuk menyiapkan sikap dan mental siswa memasuki sekolah/kelas baru, mengenal situasi baru di sekolah/kelas baru, menyiapkan  diri untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan tata cara yang mungkin berbeda dengan di tempat belajar sebelumnya, mengenal aturan dan tata tertib, yang semuanya bertujuan agar siswa berhasil belajar di sekolah/kelas yang baru sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. MPLS ini dilaksanakan selama tiga hari di sekolah.

boost the values reap the success