| |

Teleconference

Koq sepi….?  Tak terdengar lagi suara anak-anak berteriak memanggil temannya. Tak terdengar lagi derap kaki berlari kecil di halaman sekolah. Tak terdengar lagi suara gelak tawa, canda, cerita lucu dari teman-teman. Rintihan kecil “aduh, sakit!” di saat ada yang terjatuh, tak terdengar lagi. Bahkan bel sekolah tanda masuk “teng…teng…teng…teng..teng” tak pernah tersentuh lagi!

IMG-20200422-WA0112.jpg20200417_101351.jpgIMG-20200422-WA0111_1.jpg20200417_101334.jpg

Iyaa…. ternyata semuanya berubah, berubah begitu cepat. Kegiatan yang biasanya kita lakukan di sekolah, semuanya harus teman-teman lakukan di rumah. Tentunya teman-teman semua tahu, kan?  Covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Covid-19 pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina.  Virus Corona yang saat ini menyebar ke hampir semua negara,  termasuk Indonesia hanya dalam waktu beberapa bulan.

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka menekan penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, berbagai cara sudah dilakukan pemerintah antara lain diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini. Salah satunya adalah “merumahkan” pendidikan, artinya menerapkan pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai seorang pelajar yang baik untuk membantu pemerintah mengatasi pendemi virus Corona ini? Ya, tentunya tetap tinggal di rumah, terus belajar, menjaga kondisi tubuh untuk tetap sehat, dan juga menjaga kebersihan tubuh kita.

Apa yang bisa kita lakukan ketika ingin bertemu dengan guru-guru di sekolah? Tenang teman-teman, saat ini teknologi sudah semakin canggih. Untuk sementara waktu kita memang tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan guru-guru kita tercinta, tapi kita masih bisa mengadakan pertemuan dengan beberapa teman-teman kita juga yang dilakukan melalui koneksi jaringan. Tentunya teman-teman sudah melakukan semuanya kan? Ya, betul. Salah satu caranya adalah dengan melakukan teleconference. Melalui teleconference ini kita bisa menyapa guru-guru tercinta kita, baik yang sedang bertugas di sekolah atau di rumah dan juga kita bisa melihat ekspresi teman-teman kita ketika belajar di rumah. Wow, senang sekali bisa melepas rasa kangen walau hanya lewat teleconference. Kita semua ingin pandemi Covid-19 ini segera berlalu, sehingga kita bisa bertemu dengan Bapak/Ibu Guru, teman-teman untuk belajar dan beraktivitas kembali di sekolah. Oleh sebab itu, kita lebih banyak lagi berdoa memohon pertolongan kepada Tuhan sehingga pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Amin.

Salam sehat. Tuhan Yesus memberkati.

boost the values reap the success