| |

Basic Life Skill

basic 01

Haiii…. Teman-teman kalian pasti tau kan BLS (Basic Life Skill) program yang dicanangkan oleh PPPK Petra?. Basic Life Skill adalah: kemampuan dan pengetahuan siswa untuk berani menghadapi kehidupan yang nyata dan menemukan solusi sehingga mampu mengatasi permasalahan dengan kemampuan berinteraksi dan beradaptasi dengan orang lain.

basic 01

Tujuan daripada Basic Life Skill (BLS) untuk siswa adalah:  memberikan pengalaman belajar yang berarti bagi peserta didik yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang dilakukan siswa-siswi SD Kristen Petra 1, siswa kelas 2 mereka belajar untuk mandiri menyiapkan kebutuhan sekolah, mulai dari menyiapkan seragam dan sepatu sekolah sampai buku pelajaran dan alat2 tulis yang dibutuhkan. Dengan semangat mereka praktik bersama-sama didalam kelas mengeluarkan isi tasnya dan memasukkan kembali didalam tas dengan sangat rapi. Begitu juga yang dilakukan oleh siswa kelas V, mereka belajar bersama-sama bagaimana teknik dan cara untuk mengupas buah-buahan. Dengan adanya program BLS ini dapat membekali siswa untuk lebih mandiri dan produktif.

basic 01

Say No To Drugs and Free Sex

IMG_1214.JPGIMG_1217.JPGIMG_1227.JPGIMG_1232.JPGIMG_1215.JPGIMG_1224.JPGIMG_1216.JPG

Pada tanggal  1 Februari 2019, SD Kristen Petra 1 mengadakan ceramah seks dan NAPZA untuk siswa-siswi kelas IV, yang bertujuan supaya anak-anak mempunyai pemahaman yang benar tentang seks dan NAPZA dari sumber yang benar dan bertanggung jawab. Pembicara ceramah seks adalah dr. Agustinus yang memberikan materi untuk siswa laki-laki (di ruang Perpustakaan), sedangkan dr.Titik Sunaryati memberikan materi seks untuk siswa perempuan (di ruang Media). Ceramah ini dilaksanakan di tempat yang berbeda supaya siswa laki2 dan perempuan tidak malu bertanya.

Veteran Mengajar

IMG_1104.jpgIMG_1129.jpgIMG_1105.jpgIMG_1096.jpgIMG_1123.jpgIMG_1135.jpgveteran_01.jpgIMG_1089.jpg

Dinas Pendidikan Kota Surabaya bekerja sama dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) mengadakan program kegiatan “Veteran Mengajar”. Tujuan program Veteran Mengajar adalah untuk menanamkan sikap nasionalisme kepada anak-anak agar selalu mengenang jasa para pahlawan serta mempunyai jiwa pemberani, pantang menyerah, dan cinta tanah air.

WAMANTIK...Apaan tuh...?

wamantik 02

“Hei … awas , ada nyamuk berbintik! Plak …!” Secara spontan tangan Louise memukul nyamuk berbintik yang sedang hinggap di tangan Steve. Hiii… ngeri yaah kalo kita digigit nyamuk berbintik. Oleh sebab itu, kita cari cara yuuk… agar kita terbebas dari gigitan nyamuk  terutama nyamuk berbintik atau biasa disebut nyamuk aedes aegypty ini.

Berkunjung Ke Perpustakaan Universitas Kristen Petra

ukpetra_7.jpgukpetra_8.jpgukpetra_4.jpgukpetra_3.jpgukpetra_2.jpgukpetra_5.jpgukpetra_6.jpgukpetra_1.jpg

Kunjungan merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran yang menarik dan efektif bagi siswa. Pembelajaran yang efektif, menuntut kita tidak hanya mendengar (pasif) materi pelajaran dari guru di kelas atau sekolah, tetapi aktif mendengar, melihat, membaca, bertanya, mencoba/melakukan (praktik), dan sebagainya. Bagi seorang guru, kunjungan merupakan salah satu metode pembelajaran yang menuntut kita aktif. Melalui  kunjungan, kita belajar  dari orang lain dan di tempat lain yang memiliki banyak informasi/pengetahuan. Oleh karena itu, pada hari Senin, tanggal 5 Maret 2018, siswa kelas 1 SD Kristen Petra 1 melaksanakan kunjungan ke Perpustakaan Universitas Kristen Petra jalan Siwalankerto 121-131 Surabaya.

Sampai lokasi Perpustakaan Universitas Kristen Petra kami disambut oleh petugas perpustakaan dan langsung diajak menuju aula perpustakaan. Setelah sampai di aula siswa diberi arahan oleh pustakawan Universitas Kristen Petra dan diceritakan tentang berdirinya Perpustakaan Universitas Kristen Petra pada tahun 1966, 5 tahun setelah berdirinya Universitas Kristen Petra yang berlokasi di Jalan Embong Kemiri nomor 11 Surabaya, dengan koleksi awal berjumlah 696 eksemplar buku, serta 46 judul majalah dalam dan luar negeri. Kemudian pada tahun 1977 secara berangsur-angsur kampus Universitas Kristen Petra beserta perpustakaan yang merupakan perpustakaan pusat ini pindah ke gedung yang dirancang sebagai kampus Universitas Kristen Petra di Siwalankerto 121-131 Surabaya.

Sejalan dengan perkembangan Universitas Kristen Petra, pada tanggal 10 Oktober 1992 diresmikan pemakaian Gedung Petra. Empat dari sepuluh lantai yang ada ditempati oleh perpustakaan, yaitu lantai 5 - 8. Dengan kepindahan perpustakaan ke gedung yang baru, software otomasi yang telah dipersiapkan sejak tahun 1989 sebagai sistem otomasi perpustakaan terintegrasi resmi dioperasikan dengan nama SPEKTRA singkatan dari Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Kristen Petra.

Setelah mendengarkan cerita tentang berdirinya Perpustakaan Universitas Kristen Petra, siswa diajak bermain yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Materi game tentang tata tertib di ruang perpustakaan. Dari hasil permainan pemenang mendapat hadiah. Setelah permainan siswa di ajak melihat tayangan film tentang gemar membaca. Tidak cukup acara game dan melihat film, siswa di ajak keliling perpustakaan dan dikenalkan berbagai macam koleksi buku. Sampai di ruang khusus anak-anak, siswa dipersilahkan memilih buku cerita dan membacanya.

 

boost the values reap the success