Open House SD 2016    

Open House SD 2016

Anda akan mendapatkan informasi yang jelas tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

WHO'S YOUR IDOL?

Bapak Sadmoko memberikan ilustrasi menarik melalui media film dan slide untuk menjelaskan tentang tema “Who’s Your Idol? kepada siswa kelas V dalam sesi retret. Retret siswa kelas V SD Kristen Petra 1 dilaksanakan pada tanggal 1-3 September 2016 di Griya Kusuma Indah (GKI), Pacet-Mojokerto.
Di tengah pelbagai kondisi sosial dan segala bentuk kemajuan teknologi yang meresap ke semua sendi kehidupan, anak-anak kita ternyata dikepung dan disergap oleh banyak hal yang sangat membahayakan mereka.
Masa anak-anak merupakan masa yang menyenangkan, karena anak-anak memiliki ketertarikan yang besar untuk mengenal hal-hal yang ada di sekelilingnya. Hal tersebut perlu diwaspadai, karena di satu sisi dapat memberi pengaruh yang baik, namun di sisi lain dapat memberi pengaruh buruk bagi perkembangan mereka. Salah satu hal yang berpengaruh besar bagi perkembangan anak adalah berbagai sajian dunia modern, dimana anak-anak sering menjadi objek komoditas trend perkembangan zaman yang merasuki jiwa mereka. Tak heran jika anak-anak memiliki hasrat untuk memenuhi berbagai keinginan dengan mengkonsumsi berbagai produk modernitas, agar mereka dapat diterima oleh lingkungan pergaulannya.

Siswa SD kelas V berusia antara 10-12 tahun merupakan tahap awal anak-anak untuk memasuki masa remaja, yang mana mereka sering mengalami kebingungan dalam mengenal dirinya di tengah berbagai sosok di hadapan mereka. Pada tahap usia tersebut anak-anak memerlukan sosok idola yang dapat mereka tiru. Mereka sering mengidolakan tokoh atau sosok sebagaimana yang disajikan lewat televisi, media cetak, film layar lebar, hingga tokoh atau karakter dalam video games dan bacaan komik ataupun novel. Pada kenyataannya anak-anak belum dapat memaknai tentang siapa yang dapat diteladani dan bagaimana mereka dapat meneladani sosok tersebut. Mereka ingin tampil seperti sosok yang sedang aktual, ingin nampak sama seperti sosok tesebut, misalnya ingin memiliki gadget yang sama, cara berbusana dan berbicara, dan mengikuti berbagai hal yang dilakukan oleh idolanya. Dalam hal ini mereka perlu dibekali dan diarahkan tentang siapa yang dapat mereka idolakan. Mereka juga perlu diarahkan untuk memahami hasrat akan berbagai keinginan yang ada dalam dirinya.

Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Kolose mengemukakan mengenai, keutamaan Yesus Kristus sebagai gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan (Kolose 1:15). Tak seorang pun dapat melihat Allah, namun melalui kehadiran Yesus Kristus, manusia dapat melihat dan mengenal Allah yang terpancar dari keberadaanNya. Pada ayat ke-23 Rasul Paulus menekankan agar jemaat Kolose bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak tergoncang imannya, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil. Di tengah kehidupan yang sarat akan godaan dan ajaran-ajaran yang menyimpang dari kebenaran Injil, rasul Paulus menghendaki agar jemaat Kolose tidak kehilangan identitasnya sebagai pengikut Kristus dengan senantiasa memegang serta mengutamakan Kristus dan mengarahkan hidup pada Yesus Kristus.

Dari refleksi di atas retret siswa SD mengangkat tema “Who’s Your Idol? dengan tujuan agar siswa mengenal Kristus sebagai sosok idola sejati, yang dapat diteladani, bahkan dapat dipercaya sekaligus dapat menjawab kebingungan dan ketidak tahuan mereka, bagaimana seharusnya mereka tumbuh menjadi anak-anak Tuhan. Tentu para siswa juga dapat meniru sosok selain Kristus, namun tetap dapat menomorsatukan Tuhan, mengutamakan Kristus dan meneladani Yesus di atas yang lainnya. Siswa juga perlu memahami siapa dan mengapa ia mengidolakan tokoh atau sosok tertentu sesuai trend, apakah supaya diakui keberadaannya begitu sajakah atau seharusnyalah ia perlu belajar memilih dan memilah apa yang berkenan dan tidak bagi Allah serta dapat membuat dirinya bertumbuh semakin mengenal dan mencintai Kristus sang idola yang sejati.

retreat_1.jpgretreat_2.jpgretreat_3.jpg

boost the values reap the success