Open House SD 2016    

Open House SD 2016

Anda akan mendapatkan informasi yang jelas tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

TUTOR SEBAYA

Belajar adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap siswa agar mampu menjawab setiap permasalahan yang dihadapinya. Belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti membaca, mempraktikkan/mendemonstrasikan, bertanya kepada orang lain, atau belajar bersama teman. Demikian juga dengan proses pembelajaran di sekolah juga dapat dilakukan dengan berbagai cara atau metode. Salah satunya adalah dengan metode pembelajaran antarsiswa, yaitu guru menugaskan siswa yang memiliki kemampuan di bidang pelajaran tertentu untuk menularkan/mentransfer ilmunya kepada siswa sekelasnya yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode pembelajaran antarsiswa ini disebut dengan metode pembelajaran “tutor sebaya”. 

Tutor sebaya adalah sekelompok siswa yang telah tuntas terhadap bahan pelajaran atau telah menyelesaikan tugasnya, memberikan bantuan kepada teman yang mengalami kesulitan dalam memahami bahan pelajaran yang sedang dipelajari di kelas. Dengan demikian, metode pembelajaran tutor sebaya adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa. Ada beberapa manfaat metode pembelajaran tutor sebaya, di antaranya menghilangkan kecanggungan, rasa enggan, rendah diri, malu, dan sebagainya, karena siswa yang kurang paham tidak segan-segan untuk bertanya atau mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya kepada temannya sendiri. Selain itu, bahasa teman sebaya lebih mudah dipahami sehingga siswa lebih mudah menerima pelajaran. Manfaat lain pembelajaran tutor sebaya adalah menumbuhkan jiwa bertanggung jawab kepada teman-teman sekelasnya, dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Tutor sebaya juga dilakukan oleh siswa kelas V SD Kristen Petra 1. Siswa yang memiliki prestasi di kelasnya ditugaskan oleh guru untuk menjelaskan beberapa materi pelajaran kepada teman-temannya yang belum mengerti atau menolong teman-temannya yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas. Tentu saja setelah ia sendiri menyelesaikan tugasnya. Dengan melakukan tutor sebaya, siswa lebih senang belajar dan tidak malu bertanya jika belum mengerti. Selain meningkatkan prestasi belajar, tutor sebaya juga meningkatkan hubungan antarteman di kelas. Ternyata belajar dengan teman itu menyenangkan. Karena itu, teman-teman, mari kita tingkatkan minat belajar, belajar dengan sungguh-sungguh, meningkatkan prestasi agar kita dapat menghadapi tantangan hari esok.

tutor_sebaya_1.jpgtutor_sebaya_2.jpg

boost the values reap the success