Open House SD 2016    

Open House SD 2016

Anda akan mendapatkan informasi yang jelas tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Semangatmu dan Semangatku

semangatmu_01.jpgsemangatmu_02.jpgsemangatmu_03.jpgsemangatmu_04.jpgsemangatmu_05.jpgsemangatmu_06.jpgsemangatmu_07.jpgsemangatmu_08.jpg

Teman-teman pasti sudah mengetahui bahwa setiap tanggal 10 November seluruh bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Oleh karena itu serangkaian kegiatan digelar khususnya di kota Surabaya. Salah satu diantaranya Dinas Pendidikan Kota Surabaya memberi kesempatan kepada siswa-siswi SD Kristen Petra 1 untuk mengikuti Wisata Heroik Track yang diselenggarakan pada hari Senin, 30 Oktober 2017 dengan ketentuan para pesertanya mengenakan baju pejuang.

Apa saja ya…..kegiatan yang mereka lakukan selama mengikuti Wisata Heroik Track ini? Kita simak yuuk… Sebuah bus wisata yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan Surabaya telah menanti mengajak berkeliling untuk mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di Kota Surabaya.

Tujuan pertama adalah TMP Kusuma Bangsa Surabaya. Mengapa kita perlu mengunjungi tempat ini yaaa? Begini teman-teman, sebuah ungkapan terkenal menyatakan bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Salah satu tujuan kita datang ke makam pahlawan ini adalah agar kita menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Tujuan kedua adalah rumah Hadji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto sebagai salah satu cagar budaya yang mesti dilestarikan terletak di Jalan Peneleh Gang VII Surabaya. Benda-benda bersejarah dipajang seperti meja, kursi, lampu, dan perlengkapan rumah lainnya HOS Cokroaminoto adalah salah satu tokoh pergerakan nasional.

Tujuan ketiga adalah Museum Surabaya (Gedung SIOLA) yang terletak di Jalan Tunjungan. Benda-benda bersejarah yang dipajang, antara lain: angkutan umum masa lalu, alat komunikasi masa lalu, permainan tradisional, dan masih banyak lagi. Eh..Teman-teman SIOLA itu singkatan nama kongsi pemiliknya lhoo… kita cari tahu yuuk… ternyata singkatan SIOLA itu adalah

S = SOEMITRO - I  = ING WIBISONO - O = ONG - L = LIEM - A = ANG

Pada tahun 1960 Gedung SIOLA adalah salah satu pusat perbelanjaan yang di Surabaya karena sesuatu hal maka pada tahun 1998 SIOLA ditutup. Pemerintah Kota Surabaya saat ini menjadikan Gedung SIOLA sebagai Museum Surabaya.

Tujuan terakhir yang kami kunjungi adalah Museum Tugu Pahlawan yang terletak di Jalan Pahlawan Surabaya. Monumen Tugu Pahlawan dibangun untuk memeringati pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, di mana arek-arek Suroboyo banyak yang gugur di medan perang berjuang melawan sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia  di sekitar monument ini terdapat benda-benda koleksi berupa memorabilia dari pahlawan HR. Mohammad, patung peragayang yang menggambarkan suasana warga di Kota Surabaya, mendengarkan siaran radio, dan masih banyak lagi foto-foto di masa perjuangan.

          Peran serta SD Kristen Petra 1 dalam rangka memeringati Hari Pahlawan adalah dengan upacara bendera yang diselenggarakan tepat pada tanggal 10 November. Upacara bendera kali ini terasa berbeda, karena selain semua peserta upacara mengikuti dengan penuh khidmat, Bapak/Ibu Guru serta seluruh siswa-siswi mengenakan baju pejuang dengan lencana Merah Putih di dada sebelah kiri.

 

boost the values reap the success