Open House SD 2016    

Open House SD 2016

Anda akan mendapatkan informasi yang jelas tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

PROSES PEMBUATAN TELUR ASIN

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Selain itu telur mudah diperoleh dan harganya murah. Telur dapat dimanfaatkan sebagai lauk, bahan pencampur berbagai makanan, tepung telur, obat, dan lain sebagainya.
Selain itu, telur mudah diperoleh dan harganya murah. Telur terdiri dari protein, lemak, serta vitamin, dan mineral. Nilai tertinggi telur terdapat pada bagian kuningnya. Kuning telur mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan serta mineral seperti : besi, fosfor, sedikit kalsium, dan vitamin B kompleks. Sebagian protein dan semua lemak yang terdapat pada kuning telur. Adapun putih telur yang jumlahnya sekitar 60 % dari seluruh bulatan telur mengandung 5 jenis protein dan sedikit karbohidrat. Kelemahan telur yaitu memiliki sifat mudah rusak, baik kerusakan alami, kimiawi maupun kerusakan akibat serangan mikroorganisme melalui pori-pori telur. Oleh sebab itu usaha pengawetan sangat penting untuk mempertahankan kualitas telur. Sebagai upaya untuk mengetahui bagaimana proses dan cara pengawetan daripada telur, siswa kelas V SD Kristen Petra 1 mempraktikkan secara langsung pembuatan telur asin. Pertama kita siapkan wadah yang berisi campuran garam, air dan batu bata yang dihaluskan kemudian tambahkan 2 sendok makan sendawa lalu aduk sampai merata. Kemudian masukkan beberapa telur itik kedalam wadah yang berisi campuran tadi. Tunggu 7 sampai 10 hari, bersihkan rebus beberapa menit angkat telur siap disajikan.

Telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, ibu hamil dan menyusui, orang yang sedang sakit atau dalam proses penyembuhan, serta para lansia (lanjut usia). Dengan kata lain, telur cocok untuk semua kelompok umur dari segala lapisan masyarakat.
Telur yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia umumnya berasal dari unggas yang diternakkan. Jenis yang paling banyak dikonsumsi adalah telur ayam dan itik (bebek).

telur_asin_1.jpgtelur_asin_2.jpgtelur_asin_3.jpg

boost the values reap the success