Percobaan Sains    

Percobaan Sains

Para siswa belajar mengamati bagian-bagian bunga sepatu (Hibicus Rosa-sinensis) secara detail. Karena bunga tersebut  merupakan bunga sempurna yang memiliki bagian…

Study Tour    

Study Tour

Selain menerima pelajaran di kelas, para siswa juga dibekali pengetahuan umum tentang kewirausahaan dengan berkunjung ke salah satu perusahaan pembuat…

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Daur Ulang    

Daur Ulang

Siswa-siswi dilatih membuat hasil karya dari daur ulang.

Paduan Suara    

Paduan Suara

Paduan suara SD Kristen Petra 1 unjuk kebolehan untuk menyambut tim akreditasi.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

SD Kristen Petra 1 - Sejarah

SD Kristen Petra 1 yang berlokasi di Jalan W.R. Supratman 46, Surabaya, tentunya telah lama kita kenal, tetapi banyak orang yang belum tahu banyak tentang perkembangan sekolah ini dari awal berdirinya hingga saat ini. SD Kristen Petra 1 merupakan salah satu sekolah yang semula dikelola oleh Stichting Nederlands Onderwijs (yayasan pengajaran Belanda), yang berada di bawah asuhan VOICS (Vereniging tot Oprichting en Instandouding van Christelijke Schoten).

Pada akhir tahun 1957, pihak VOICS dalam rapatnya memutuskan untuk menghibahkan miliknya yang tidak bergerak, yaitu persil di Jalan W.R. Supratman 46, Surabaya, dan Jalan Embong Trengguli 3, Surabaya, kepada PPPK Petra. Itu tertuang dalam suatu pernyataan tertanggal 10 Januari 1958, yang didaftarkan ke Kantor Notaris Anwar Mahjudin, dan tercatat di sana tertanggal 20 Januari 1958, Nomor 1175A. Serta didaftarkan pada kepaniteraan Pengadilan Negeri Surabaya tertanggal 20 Januari 1958, Nomor 56. Berdasarkan Rapat Dewan Pengurus PPPK Petra Surabaya tertanggal 20 Juli 1958, mengubah Christelyke Lagera School di Jalan W.R. Supratman 46, Surabaya, yang sebelumnya adalah sekolah rakyat dengan memakai bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar, menjadi Sekolah Rakyat Kristen Petra 1, memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, mulai tanggal 1 Agustus 1958.

SD Kristen Petra 1 saat itu masih bergabung dengan TK Kristen Petra 1. Awal mulanya memiliki sedikit siswa, tetapi berkat penanaman disiplin yang baik, sekolah ini mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sehingga dapat berkembang begitu pesat. Berdasarkan perkembangan tersebut, pada tahun ajaran 1986/1987, antara TK dan SD, diadakan pemisahan pengelolahan. Hal ini dilakukan guna mengembangkan aktivitas para siswa dalam belajar maupun mengembangkan aktivitas guru dalam mengajar, sesuai dengan visi sekolah kami, yaitu: “Menjadi sekolah terbaik”. Dan misinya adalah: “Mendidik para siswa menjadi pribadi yang beriman, utuh, dan dinamis, berjati diri, intelek dan peduli terhadap sesama dan lingkungan". Karena itu, sumber daya pengajar SD Kristen Petra 1 terus berupaya meningkatkan mutu sekolah dengan mengikutsertakan pengajar dalam kegiatan pelatihan dan penataran.

Inilah sekilas mengenai perkembangan SD Kristen Petra 1, kiranya jerih payah yang telah dilakukan dapat mengantar para siswa untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dengan sukses.

Periode Kepala Sekolah
1. Enny Tjandra, BA. (1967—1972)
2. Dra. Sienta Gunawan (1973—2003)
3. Ita Susanti, S.Pd. (2003—sekarang)

boost the values reap the success