Open House SD 2016    

Open House SD 2016

Anda akan mendapatkan informasi yang jelas tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Let’s Make A Fun Gym As Our Habit

fun_gym_01.jpgfun_gym_02.jpgfun_gym_03.jpg

“Selamat pagiiiii …… Apakah kalian sudah siap untuk berolahraga? Sudah siap mengikuti fun gym?”, sapa Ibu Tutik Hartiningsing instruktur fun gym dengan suara keras bersaing dengan suara musik yang menghentak energik di lapangan olahraga SD Kristen Petra 1. “Fun gym merupakan  olahraga yang murah dan bermanfaat untuk menjaga kebugaran kita,” lanjut Ibu Tutik. Pada hari Jumat, tanggal 9 Februari 2018. Seluruh siswa dan guru (secara bergantian) mengikuti kegiatan fun gym bersama instruktur. Dentuman musik yang keras dan energik menambah semangat peserta.

Fun gym merupakan salah satu program Student Learning Outcomes (SLO) aspek physical growth yang dicanangkan oleh Dewan Pengurus PPPK Petra. Siswa yang sehat secara jasmani dan mental merupakan harapan dari PPPK Petra. Oleh karena itu, fun gym telah menjadi budaya hidup sehat di lingkungan SD Kristen Petra 1. Fun gym di SD Kristen Petra 1 dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat yang diikuti seluruh siswa kelas I-VI secara bergantian yang dipandu oleh guru olahraga dan didampingi oleh guru kelas masing-masing. Sedangkan kegiatan fun gym bersama instruktur dilaksanakan satu kali dalam satu semester, yang dipandu oleh instruktur senam. Senam  merupakan bentuk olahraga yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Untuk dapat berolahraga secara  benar dan teratur, siswa perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Pendidikan olahraga diyakini dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk: (1) berpartisipasi secara teratur dalam kegiatan olahraga, (2) pemahaman dan menerapkan konsep yang benar tentang aktivitas-gerak agar dapat melakukannya secara aman, (3) memahami dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam segala aktivitas agar terbentuk sikap, perilaku sportif, positif, emosi stabil, dan gaya hidup sehat.

Tujuan dilaksanakan fun gym di sekolah adalah:

    1. meningkatkan kesegaran jasmani.
    2. meningkatkan pengetahuan pendidikan jasmani.
    3. menanamkan kegemaran untuk melakukan aktivitas jasmani.  
    4. Memahami pentingnya pola hidup sehat
    5. meningkatkan keterampilan melakukan kegiatan aktivitas olahraga dan memiliki sikap positif terhadap pentingnya melakukan sebuah aktivitas jasmani.
    6. memacu perkembangan dan aktivitas sistem: peredaran darah, pencernaan, pernafasan, dan persyarafan.

 

Christmas Day

natal_2017_01.jpgnatal_2017_02.jpgnatal_2017_03.jpg

Teman-teman tentunya kita semua mengetahui bahwa bulan Desember merupakan bulan di penghujung tahun sebelum kita menyambut datangnya tahun yang baru. Bulan Desember memberi arti tersendiri bagi umat Kristiani, karena dalam bulan Desember umat Kristiani merayakan kelahiran Tuhan Yesus Sang Juruselamat. Banyak kegiatan yang dilakukan untuk menyambut kelahiran Tuhan Yesus Kristus, di antaranya: menghias kelas dengan pernak–pernik Natal, memasang pohon Natal dengan nyala lampunya, serta mengikuti kebaktian dan perayaan Natal sebagai  wujud persembahan sederhana untuk Tuhan Yesus, Sang Bayi Mungil di hari kelahiran-Nya. Itulah sebagian kegiatan  yang  juga dilakukan oleh siswa kelas 1–6 SD Kristen Petra 1.

Read more: SD Kristen Petra 1 - Christmas Day

Exploring Petra Christian University

ukpetra_01.jpgukpetra_02.jpgukpetra_03.jpgukpetra_04.jpgukpetra_05.jpg

“Okay students, it’s time to go to the field trip, are you ready?” tanya Miss Anis,  “ Yes miss… we are ready!” dengan serentak siswa-siswi yang tergabung dalam ELS bahasa Inggris. Teman-teman kita simak yuuk, pengalaman sih apa yang mereka dapatkan dalam kunjungan kali ini.

Dalam  era globalisasi ini, Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang paling sering digunakan dalam semua kegiatan. Penekanan penggunaan Bahasa Inggris yang semakin intens ini, pihak sekolah mengadakan kegiatan ELS Bahasa Inggris untuk membantu para anak didik lebih fasih dan memiliki kemampuan yang cukup untuk menghadapi perkembangan di era globalisasi ini.

Salah satu kegiatan ELS SD Kristen Petra 1 mengadakan kunjungan ke Universitas Kristen Petra Surabaya pada tanggal 6 Desember 2017, yaitu Fakultas Sastra. Di sini siswa-siswi diberi penjelasan tentang berdirinya prodi sastra Inggris Universitas Kristen Petra yang berkembang sampai sekarang. Selain diberi materi penjelasan tentang sastra Inggris, siswa diajak untuk melihat fakultas lain yaitu Perhotelan dan Perpustakaan Universitas Kristen Petra.

Di Fakultas Perhotelan siswa diajak untuk melihat-lihat kamar tidur dan  lobby hotel untuk praktik mahasiswa. Tidak ketinggalan juga kami diajak untuk melihat ke Pastry Bakery room, yaitu ruang untuk memasak dan membuat kue. Setelah dari Fakultas Perhotelan kami diajak ke Gedung W yaitu Gedung Perpustakaan dan yang terakhir Visual room yaitu ruang ajang kreatifitas untuk mahasiswa.

Melalui kegiatan ELS Bahasa Inggris kami dapat belajar Bahasa Inggris dengan situasi yang menyenangkan. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti setiap kegiatan ELS Bahasa Inggris. Melalui kegiatan ini, kami semakin mampu berbahasa Inggris dengan baik sehingga dapat menjadi modal yang berharga dalam menghadapi tantangan di era globalisasi yang terus berkembang pesat.

 

PROSES PEMBUATAN TELUR ASIN

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Selain itu telur mudah diperoleh dan harganya murah. Telur dapat dimanfaatkan sebagai lauk, bahan pencampur berbagai makanan, tepung telur, obat, dan lain sebagainya.
Selain itu, telur mudah diperoleh dan harganya murah. Telur terdiri dari protein, lemak, serta vitamin, dan mineral. Nilai tertinggi telur terdapat pada bagian kuningnya. Kuning telur mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan serta mineral seperti : besi, fosfor, sedikit kalsium, dan vitamin B kompleks. Sebagian protein dan semua lemak yang terdapat pada kuning telur. Adapun putih telur yang jumlahnya sekitar 60 % dari seluruh bulatan telur mengandung 5 jenis protein dan sedikit karbohidrat. Kelemahan telur yaitu memiliki sifat mudah rusak, baik kerusakan alami, kimiawi maupun kerusakan akibat serangan mikroorganisme melalui pori-pori telur. Oleh sebab itu usaha pengawetan sangat penting untuk mempertahankan kualitas telur. Sebagai upaya untuk mengetahui bagaimana proses dan cara pengawetan daripada telur, siswa kelas V SD Kristen Petra 1 mempraktikkan secara langsung pembuatan telur asin. Pertama kita siapkan wadah yang berisi campuran garam, air dan batu bata yang dihaluskan kemudian tambahkan 2 sendok makan sendawa lalu aduk sampai merata. Kemudian masukkan beberapa telur itik kedalam wadah yang berisi campuran tadi. Tunggu 7 sampai 10 hari, bersihkan rebus beberapa menit angkat telur siap disajikan.

Telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, ibu hamil dan menyusui, orang yang sedang sakit atau dalam proses penyembuhan, serta para lansia (lanjut usia). Dengan kata lain, telur cocok untuk semua kelompok umur dari segala lapisan masyarakat.
Telur yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia umumnya berasal dari unggas yang diternakkan. Jenis yang paling banyak dikonsumsi adalah telur ayam dan itik (bebek).

telur_asin_1.jpgtelur_asin_2.jpgtelur_asin_3.jpg

OPEN HOUSE 2016

Keberlanjutan sebuah institusi pendidikan didukung oleh kuantitas dan kualitas siswa, guru, dan adanya dukungan masyarakat sekitar. Kuantitas dan kualitas siswa dan guru sangat erat hubungannya dengan keberhasilan proses belajar mengajar yang kondusif. Dukungan dari masyarakat sekitar sekolah akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar dengan baik.
Open House dapat digunakan sebagai sarana membentuk jejaring sekolah dan mengenalkan kepada masyarakat, sehingga dikenal dan pada akhirnya akan mendapatkan siswa dengan kuantitas dan kualitas yang memadai.
Oleh karena itu, pada tanggal 17 September 2016 SD Kristen Petra 1 mengadakan Open House dengan tujuan:
a.     Sebagai ajang promosi sekolah.
b.     Merealisasikan salah satu program sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017
SD Kristen Petra 1.
c.     Meningkatkan kerjasama antar sekolah dilingkungan PPPK Petra maupun
diluar PPPK Petra dan sekitarnya.
d.     Memberi ruang bagi anak-anak didik KB maupun TK.
e.    Mengenalkan kepada masyarakat secara lebih lengkap tentang sekolah
melalui eksplorasi dan pameran potensi siswa-siswi SD Kristen Petra 1.
f.     Temu alumni.
Tema “Fun Learning Generation” merupakan pembelajaran yang menyenangkan atau generasi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa siswi. Fun Learning Generation adalah salah satu dari berbagai program kegiatan yang dirancang demi kebutuhan siswa-siswi dalam menyalurkan talenta mereka dan melatih kemampuan mereka dalam bidang-bidang akademis maupun non-akademis, selain itu kegiatan tersebut adalah menjadi media promosi yang baik bagi sekolah, sehingga sekolah akan lebih dikenal di masyarakat.

open_house_1.jpgopen_house_2.jpgopen_house_3.jpg

boost the values reap the success