Open House SD 2016    

Open House SD 2016

Anda akan mendapatkan informasi yang jelas tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Berkunjung Ke Perpustakaan Universitas Kristen Petra

ukpetra_1.jpgukpetra_2.jpgukpetra_3.jpgukpetra_4.jpgukpetra_5.jpgukpetra_6.jpgukpetra_7.jpgukpetra_8.jpg

Kunjungan merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran yang menarik dan efektif bagi siswa. Pembelajaran yang efektif, menuntut kita tidak hanya mendengar (pasif) materi pelajaran dari guru di kelas atau sekolah, tetapi aktif mendengar, melihat, membaca, bertanya, mencoba/melakukan (praktik), dan sebagainya. Bagi seorang guru, kunjungan merupakan salah satu metode pembelajaran yang menuntut kita aktif. Melalui  kunjungan, kita belajar  dari orang lain dan di tempat lain yang memiliki banyak informasi/pengetahuan. Oleh karena itu, pada hari Senin, tanggal 5 Maret 2018, siswa kelas 1 SD Kristen Petra 1 melaksanakan kunjungan ke Perpustakaan Universitas Kristen Petra jalan Siwalankerto 121-131 Surabaya.

Sampai lokasi Perpustakaan Universitas Kristen Petra kami disambut oleh petugas perpustakaan dan langsung diajak menuju aula perpustakaan. Setelah sampai di aula siswa diberi arahan oleh pustakawan Universitas Kristen Petra dan diceritakan tentang berdirinya Perpustakaan Universitas Kristen Petra pada tahun 1966, 5 tahun setelah berdirinya Universitas Kristen Petra yang berlokasi di Jalan Embong Kemiri nomor 11 Surabaya, dengan koleksi awal berjumlah 696 eksemplar buku, serta 46 judul majalah dalam dan luar negeri. Kemudian pada tahun 1977 secara berangsur-angsur kampus Universitas Kristen Petra beserta perpustakaan yang merupakan perpustakaan pusat ini pindah ke gedung yang dirancang sebagai kampus Universitas Kristen Petra di Siwalankerto 121-131 Surabaya.

Sejalan dengan perkembangan Universitas Kristen Petra, pada tanggal 10 Oktober 1992 diresmikan pemakaian Gedung Petra. Empat dari sepuluh lantai yang ada ditempati oleh perpustakaan, yaitu lantai 5 - 8. Dengan kepindahan perpustakaan ke gedung yang baru, software otomasi yang telah dipersiapkan sejak tahun 1989 sebagai sistem otomasi perpustakaan terintegrasi resmi dioperasikan dengan nama SPEKTRA singkatan dari Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Kristen Petra.

Setelah mendengarkan cerita tentang berdirinya Perpustakaan Universitas Kristen Petra, siswa diajak bermain yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Materi game tentang tata tertib di ruang perpustakaan. Dari hasil permainan pemenang mendapat hadiah. Setelah permainan siswa di ajak melihat tayangan film tentang gemar membaca. Tidak cukup acara game dan melihat film, siswa di ajak keliling perpustakaan dan dikenalkan berbagai macam koleksi buku. Sampai di ruang khusus anak-anak, siswa dipersilahkan memilih buku cerita dan membacanya.

 

Go to Campina .. brrr .. dingin

campina_00.jpgcampina_01.jpgcampina_02.jpgcampina_03.jpgcampina_04.jpgcampina_05.jpgcampina_06.jpg

"Horeee….. kita akan pergi ke pabrik Es Krim Campina”, kata Steven siswa kelas 3 SD Kristen Petra 1. Senin 26 Februari 2018 siswa kelas 3 SD Kristen Petra 1 di damping oleh beberapa guru berkunjung ke pabrik es krim Campina yang bermarkas di Jalan Rungkut Industri 2 no. 15 Surabaya. Sampai di lokasi pabrik kita di sambut oleh 2 orang pemandu yaitu: Kak Rizky dan Kak Anis. Setelah mendapat arahan dari pemandu, mereka di bimbing masuk kedalam lokasi pabrik. Sampai didalam kita di perkenalkan dengan berbagai macam alat untuk membuat es krim dari proses pembuatan sampai pengepakan. Sesampai di salah satu ruangan siswa dikumpulkan untuk melihat dan mendengarkan sejarah berdirinya pabrik es Campina.

Es Krim Campina merupakan perusahaan yang menghasilkan jenis makanan yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 22 Juli 1972. Perusahaan ini umumnya menghasilkan berbagai produk es krim. Campina selalu menghadirkan produk-produk istimewa dari bahan alami, higienis dan berkualitas.

Read more: SD Kristen Petra 1 - Go to Campina .. brrr .. dingin

Semangatmu dan Semangatku

semangatmu_01.jpgsemangatmu_02.jpgsemangatmu_03.jpgsemangatmu_04.jpgsemangatmu_05.jpgsemangatmu_06.jpgsemangatmu_07.jpgsemangatmu_08.jpg

Teman-teman pasti sudah mengetahui bahwa setiap tanggal 10 November seluruh bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Oleh karena itu serangkaian kegiatan digelar khususnya di kota Surabaya. Salah satu diantaranya Dinas Pendidikan Kota Surabaya memberi kesempatan kepada siswa-siswi SD Kristen Petra 1 untuk mengikuti Wisata Heroik Track yang diselenggarakan pada hari Senin, 30 Oktober 2017 dengan ketentuan para pesertanya mengenakan baju pejuang.

Apa saja ya…..kegiatan yang mereka lakukan selama mengikuti Wisata Heroik Track ini? Kita simak yuuk… Sebuah bus wisata yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan Surabaya telah menanti mengajak berkeliling untuk mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di Kota Surabaya.

Read more: SD Kristen Petra 1 - Semangatmu dan Semangatku

Kewirausahaan "Es Kopyor"

wirausaha_01.jpgwirausaha_02.jpgwirausaha_03.jpg

“Es kopyor…..es kopyornya Pak, Bu, manis dan dingin“ teriak Chelsea menawarkan dagangannya.

Pagi pagi sekali kami sudah datang ke sekolah, Saat bel berbunyi, kami semua sudah sibuk membantu ibu guru untuk menyiapkan minuman yang akan di jual.

Pengembangan pendidikan kewirausahaan merupakan salah satu program pendidikan dasar di sekolah, yang pada intinya adalah pengembangan pendidikan yang bertujuan untuk membangun manusia yang berjiwa kreatif, inovatif, sportif dan berjiwa wirausaha. Program ini ditindaklanjuti dengan upaya pembelajaran, pendidikan karakter, dan pendidikan kewirausahaan ke dalam kurikulum sekolah.

Read more: SD Kristen Petra 1 - Kewirausahaan "Es Kopyor"

Asyiknya Merangkai Listrik

rangkaian_01.jpgrangkaian_02.jpgrangkaian_03.jpg

Di zaman modern saat ini, manusia sangat bergantung pada energi listrik. Untuk menerangi ruangan, manusia butuh listrik. Mencuci pakaian dengan mesin cuci manusia butuh listrik. Menyalakan televisi, komputer dan peralatan rumah tangga yang lain kita butuh tenaga listrik, sehingga listrik menjadikan hidup kita terasa lebih mudah dan nyaman. Oleh karena itu, kita patut berterima kasih kepada orang yang berjasa dalam menemukan listrik.

Read more: SD Kristen Petra 1 - Asyiknya Merangkai Listrik

boost the values reap the success