Open House SD 2016    

Open House SD 2016

Anda akan mendapatkan informasi yang jelas tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Semangatmu dan Semangatku

semangatmu_01.jpgsemangatmu_02.jpgsemangatmu_03.jpgsemangatmu_04.jpgsemangatmu_05.jpgsemangatmu_06.jpgsemangatmu_07.jpgsemangatmu_08.jpg

Teman-teman pasti sudah mengetahui bahwa setiap tanggal 10 November seluruh bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Oleh karena itu serangkaian kegiatan digelar khususnya di kota Surabaya. Salah satu diantaranya Dinas Pendidikan Kota Surabaya memberi kesempatan kepada siswa-siswi SD Kristen Petra 1 untuk mengikuti Wisata Heroik Track yang diselenggarakan pada hari Senin, 30 Oktober 2017 dengan ketentuan para pesertanya mengenakan baju pejuang.

Apa saja ya…..kegiatan yang mereka lakukan selama mengikuti Wisata Heroik Track ini? Kita simak yuuk… Sebuah bus wisata yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan Surabaya telah menanti mengajak berkeliling untuk mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di Kota Surabaya.

Read more: SD Kristen Petra 1 - Semangatmu dan Semangatku

Kewirausahaan "Es Kopyor"

wirausaha_01.jpgwirausaha_02.jpgwirausaha_03.jpg

“Es kopyor…..es kopyornya Pak, Bu, manis dan dingin“ teriak Chelsea menawarkan dagangannya.

Pagi pagi sekali kami sudah datang ke sekolah, Saat bel berbunyi, kami semua sudah sibuk membantu ibu guru untuk menyiapkan minuman yang akan di jual.

Pengembangan pendidikan kewirausahaan merupakan salah satu program pendidikan dasar di sekolah, yang pada intinya adalah pengembangan pendidikan yang bertujuan untuk membangun manusia yang berjiwa kreatif, inovatif, sportif dan berjiwa wirausaha. Program ini ditindaklanjuti dengan upaya pembelajaran, pendidikan karakter, dan pendidikan kewirausahaan ke dalam kurikulum sekolah.

Read more: SD Kristen Petra 1 - Kewirausahaan "Es Kopyor"

Asyiknya Merangkai Listrik

rangkaian_01.jpgrangkaian_02.jpgrangkaian_03.jpg

Di zaman modern saat ini, manusia sangat bergantung pada energi listrik. Untuk menerangi ruangan, manusia butuh listrik. Mencuci pakaian dengan mesin cuci manusia butuh listrik. Menyalakan televisi, komputer dan peralatan rumah tangga yang lain kita butuh tenaga listrik, sehingga listrik menjadikan hidup kita terasa lebih mudah dan nyaman. Oleh karena itu, kita patut berterima kasih kepada orang yang berjasa dalam menemukan listrik.

Read more: SD Kristen Petra 1 - Asyiknya Merangkai Listrik

TUTOR SEBAYA

Belajar adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap siswa agar mampu menjawab setiap permasalahan yang dihadapinya. Belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti membaca, mempraktikkan/mendemonstrasikan, bertanya kepada orang lain, atau belajar bersama teman. Demikian juga dengan proses pembelajaran di sekolah juga dapat dilakukan dengan berbagai cara atau metode. Salah satunya adalah dengan metode pembelajaran antarsiswa, yaitu guru menugaskan siswa yang memiliki kemampuan di bidang pelajaran tertentu untuk menularkan/mentransfer ilmunya kepada siswa sekelasnya yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode pembelajaran antarsiswa ini disebut dengan metode pembelajaran “tutor sebaya”. 

Tutor sebaya adalah sekelompok siswa yang telah tuntas terhadap bahan pelajaran atau telah menyelesaikan tugasnya, memberikan bantuan kepada teman yang mengalami kesulitan dalam memahami bahan pelajaran yang sedang dipelajari di kelas. Dengan demikian, metode pembelajaran tutor sebaya adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa. Ada beberapa manfaat metode pembelajaran tutor sebaya, di antaranya menghilangkan kecanggungan, rasa enggan, rendah diri, malu, dan sebagainya, karena siswa yang kurang paham tidak segan-segan untuk bertanya atau mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya kepada temannya sendiri. Selain itu, bahasa teman sebaya lebih mudah dipahami sehingga siswa lebih mudah menerima pelajaran. Manfaat lain pembelajaran tutor sebaya adalah menumbuhkan jiwa bertanggung jawab kepada teman-teman sekelasnya, dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Tutor sebaya juga dilakukan oleh siswa kelas V SD Kristen Petra 1. Siswa yang memiliki prestasi di kelasnya ditugaskan oleh guru untuk menjelaskan beberapa materi pelajaran kepada teman-temannya yang belum mengerti atau menolong teman-temannya yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas. Tentu saja setelah ia sendiri menyelesaikan tugasnya. Dengan melakukan tutor sebaya, siswa lebih senang belajar dan tidak malu bertanya jika belum mengerti. Selain meningkatkan prestasi belajar, tutor sebaya juga meningkatkan hubungan antarteman di kelas. Ternyata belajar dengan teman itu menyenangkan. Karena itu, teman-teman, mari kita tingkatkan minat belajar, belajar dengan sungguh-sungguh, meningkatkan prestasi agar kita dapat menghadapi tantangan hari esok.

tutor_sebaya_1.jpgtutor_sebaya_2.jpg

TUTOR SEBAYA

Belajar adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap siswa agar mampu menjawab setiap permasalahan yang dihadapinya. Belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti membaca, menulis, bertanya kepada orang lain, atau belajar bersama teman. Demikian juga dengan proses pembelajaran di sekolah juga dapat dilakukan dengan berbagai cara atau metode. Salah satunya adalah dengan metode pembelajaran antarsiswa, yaitu guru menugaskan siswa yang memiliki kemampuan di bidang pelajaran tertentu untuk menularkan/mentransfer ilmunya kepada siswa sekelasnya yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode pembelajaran antarsiswa ini disebut dengan metode pembelajaran “tutor sebaya”.

Tutor sebaya adalah sekelompok siswa yang telah tuntas terhadap bahan pelajaran atau telah menyelesaikan tugasnya, memberikan bantuan kepada teman yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang sedang dipelajari di kelas. Dengan demikian, metode pembelajaran tutor sebaya adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa. Ada beberapa manfaat metode pembelajaran tutor sebaya, di antaranya menghilangkan kecanggungan, rasa enggan, rendah diri, malu, dan sebagainya, karena siswa yang kurang paham tidak segan-segan untuk bertanya atau mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya kepada temannya sendiri. Selain itu, bahasa teman sebaya lebih mudah dipahami sehingga siswa lebih mudah menerima pelajaran. Manfaat lain pembelajaran tutor sebaya adalah menumbuhkan jiwa bertanggung jawab kepada teman-teman sekelasnya, dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Tutor sebaya juga dilakukan oleh para siswa SD Kristen Petra 1. Siswa yang memiliki prestasi di kelasnya ditugaskan oleh guru untuk menjelaskan beberapa materi pelajaran kepada teman-temannya yang belum mengerti atau menolong teman-temannya yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas. Tentu saja setelah ia sendiri menyelesaikan tugasnya. Dengan melakukan tutor sebaya, siswa lebih senang belajar dan tidak malu bertanya jika belum mengerti. Selain meningkatkan prestasi belajar, tutor sebaya juga meningkatkan hubungan antarteman di kelas. Ternyata belajar dengan teman itu menyenangkan. Karena itu, teman-teman, mari kita tingkatkan minat belajar, belajar dengan sungguh-sungguh, meningkatkan prestasi agar kita dapat menghadapi tantangan hari esok.

tutor_sebaya_1.jpgtutor_sebaya_2.jpg

boost the values reap the success