Open House SD 2016    

Open House SD 2016

Anda akan mendapatkan informasi yang jelas tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Table Manner

Para siswa, peserta ELS Cooking Class di SD PPPK Petra beruntung, selain mendapat pengetahuan dan keterampilan dalam memasak (termasuk pengetahuan tentang berbagai bahan masakan/minuman), siswa juga mendapat pengetahuan dan keterampilan tata cara menggunakan peralatan makan yang disebut dengan table manner.

Bagian inti dari materi table manner adalah  teknik menata meja (table set up) yang merupakan awal dari persiapan suatu restoran dalam rangka penjualan dan penyajian makanan serta minuman. Untuk menampilkan table set up yang sesuai, seorang chef harus memperhatikan beberapa hal yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, antara lain jenis sajian yang diminta (hidangan makanan lengkap atau minuman saja), kapan waktu makannya  (pagi, siang, atau malam), asal hidangannya atau asal negaranya (misalnya masakan Indonesia, Barat, China, Jepang, dan sebagainya). Setelah mengetahui kebutuhan pelanggan, chef harus bisa menentukan jenis peralatan makan/minum yang sesuai, misalnya, peralatan yang digunakan untuk makanan pembuka berbeda dengan yang digunakan untuk makanan utama atau penutup, gelas yang digunakan untuk minum air putih, berbeda dengan gelas untuk juice atau wine.

Kegiatan table set up sangat menarik bagi peserta ELS cooking class SD Kristen Petra 1, terutama saat belajar melipat napkin (serbet yang digunakan saat makan). Berbagai macam teknik melipat napkin yang kami pelajari adalah model kipas berdiri, topi tinggi, lilin, jubah raja, bunga bakung dan teratai, dan model sepatu putri. Peserta ELS Cooking Class tidak hanya mendapat pengetahuan saja, tetapi juga praktik memasak dan menata meja makan termasuk cara melipat napkin. Untuk mengetahui sejauh mana keterampilan yang telah kami miliki, maka pada tanggal 23 April 2015,  kami mengikuti tes dengan materi memasak (menu yang sudah pernah diajarkan oleh pembina) dan menyajikannya dengan menarik (table manner), termasuk membentuk napkin. Bukan hanya memasak dan menyajikannya dengan menarik, kami juga diminta menggunakan peralatan dengan benar. Wah, ini bagian yang menyenangkan sekaligus menggelikan. Kami senang, karena dapat menikmati makanan dan minuman yang telah kami buat dengan susah payah. Yang menggelikan, ternyata ada yang masih bingung menggunakan napkin, tengok sana-sini harus diapakan napkin-nya. 

Teman-teman, belajar memasak ternyata menyenangkan, meskipun repot harus membawa banyak hal, tetapi puas kalau berhasil membuat makanan yang sesuai dengan permintaan,  dan mendapat pujian “enak, pas rasanya” dari chef pembina. Semangat!!! 

 

 Excellent Life Skills - Tari Tradisional Kreasi Baru

kreasi_baru_01.jpgkreasi_baru_02.jpgkreasi_baru_03.jpg

Kegiatan Excellent Life Skill (ELS) merupakan ‘wadah’ pengembangan bakat dan minat siswa SD, SMP, dan SMA di lingkungan PPPK Petra. ELS adalah bukti konsistensi PPPK Petra dalam melaksanakan pendidikan yang holistik yang meliputi aspek fisik, emosi, pengembangan talenta, spiritual, dan akademik. Dalam hal pengembangan bakat dan minat, khususnya melalui kegiatan ELS, PPPK Petra bekerja sama dengan lembaga yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Read more: SD Kristen Petra 1 - Tari Tradisional Kreasi Baru

Excellent Life Skill Robotik

Untuk mengembangkan bakat dan minat siswa, sekolah-sekolah di lingkungan PPPK Petra melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang didasarkan pada minat siswa, yang dikenal dengan nama kegiatan Excellent Life Skill (ELS). Berbagai jenis kegiatan ELS yang menjadi pilihan siswa adalah art & craft, bahasa inggris, balet, presenter, robotik, piano, biola, cooking class, hip-hop, modelling, dan tari tradisional kreasi baru. Kegiatan ELS dilaksanakan pada jam sekolah (kegiatan intra) hari Senin-Jumat, pada bulan Agustus 2013 sampai dengan Mei 2014. Di akhir tahun ajaran, siswa akan mendapatkan sertifikat.

Robotik merupakan salah satu kegiatan ELS yang paling banyak diminati oleh siswa putra. Robotik merupakan ilmu tentang robot yang berkembang pesat, termasuk di Indonesia. Menurut Anatta Sannai, “robot adalah sebuah mesin yang dikendalikan dan atau diprogram melalui rangkaian mekanis, elektronika maupun komputer sehingga dapat beroperasi secara otomatis.” Perkembangan robotik sejalan dengan perkembangan teknologi/komputer yang semakin canggih yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Dalam perkembangan selanjutnya, banyak ilmuwan yang menciptakan robot yang memiliki kecerdasan mampu melakukan tugas sesuai dengan kebutuhan manusia.

Kegiatan ELS robotik di sekolah dasar (di lingkungan PPPK Petra) bertujuan agar siswa dapat membuat robot secara sederhana yang secara tidak langsung dapat meningkatkan: motivasi siswa, kemampuan kerja sama dalam tim, kemampuan memecahkan masalah, pemikiran logis, dan pencapaian kemampuan individual siswa. ELS robotik di SD Kristen Petra 1 diikuti oleh siswa kelas IV dan kelas V. Siswa tidak hanya diberi teori, tetapi juga praktik membuat robot, dan ujian. ELS robotik berlangsung dengan suasana menyenangkan. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan, terutama saat mereka mendapat tugas membuat dan mengoperasikan robot yang telah mereka rancang dan rakit, atau berlomba merakit sebuah robot, dan lomba robot tercepat.

robotik1.jpgrobotik2.jpgrobotik3.jpgrobotik4.jpg

Life Skill

Melatih siswa supaya terampil dalam kesehariannya, dan tidak bergantung kepada orang lain (mandiri). Sebagai contoh, siswa kelas I dan II berlatih memakai sepatu dan pakaian sendiri sebagai wujud kemandirian. Siswa kelas III dan IV, belajar cara bertanggung jawab secara dini terhadap diri sendiri melalui melipat dan menyeterika pakaian. Siswa kelas V belajar membuat kue tradisional, klepon. Dan siswa kelas VI belajar menata meja makan.

boost the values reap the success